Komentar

Tokoh-Tokoh Pewayangan Pada Wayang Kulit

    Hallo, teman teman sekalian,,
   Kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan tentang dunia pewayangan. Wayang merupakan sebuah budaya di Indonesia yang telah populer sejak dahulu. Ada beberapa jenis wayang di Indonesia seperti wayang golek, wayang kulit, wayang orang, dan yang lainnya. Namun, yang akan kita bahas saat ini yaitu tentang wayang kulit.

  Wayang kulit adalah penggambaran tentang kehidupan manusia yang digambarkan dengan bentuk orang-orangan dari kulit. Wayang kulit ini berkembang di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Beberapa tokoh wayang antara lain:

  • Puntadewa
      

          Puntadewa adalah putra pertama dari Pandudewanata dan Dewi Kunthi. Puntadewa juga merupakan raja dari kerajaan Amarta Pura yang mempunyai sifat ikhlas lahir batin, rela berkorban, dan suka menolong. Puntadewa juga mempunyai pusaka/senjata bernama Jimat Kalimasada. Beberapa nama lain dari Puntadewa yaitu, Dharmaputra, Dharmawangsa, Dharmakusuma, Yudhistira, Samiaji, dan Anjatha Satru.
  • Werkudara

   Werkudara adalah putra ke-2 dari Pandudewanata dan Dewi Kunthi, serta merupakan adik dari Puntadewa. Werkudara ini kesatria dari Jodipati yang memiliki sifat pemberani, ambisius, patuh terhadap guru, tegas, dan disiplin. Werkudara mempunyai senjata bernama Gada Rujakpala dan Kuku Pancanaka. Beberapa nama lain dari Werkudara yaitu, Wija Sena, Seno Caraka, Gajah Sena, dan Pandu Putra.
  • Arjuna


  Arjuna juga merupakan putra Pandudewanata dan Dewi Kunthi yang ke-3. Arjuna adalah kesatria dari Madukara yang sifatnya pendiam, pemberani, dan jujur. Selain itu Arjuna juga mempunyai wajah yang tampan sehingga dengan ketampanannya itu ia mendapat gelar "Lancureng Jagad" yang artinya orang yang paling tampan di dunia. Oleh karena itu, Arjuna mempunyai banyak istri. Senjata milik Arjuna bernama Panah Pasopati dan Keris Pulanggeni. Nama lain Arjuna yaitu, Janaka, Permadi, Partha Kusuma, Kumbang Ali Ali, Palgunadi, dan Dananjaya.
  • Nakula dan Sadewa

           Nakula Sadewa ini merupakan dua putra kembar dari Pandudewanata dan Dewi Madrim. Meraka lahir sebagai anugerah dewa kembar bernama Aswin. Mereka merupakan kesatria dari Sawojajar yang memiliki sifat serba sama. Sifat mereka yaitu, pemberani, setia, dan adil. Senjata mereka pun sama yaitu Pedang.
  • Krisna

         Kresna merupakan bathara dan putra dari Dewi Rohini dan Dewa Basudewa. Ia adalah raja Ndarawati yang sifatnya baik, tapi kadang kadang ia juga suka membela orang yang salah. Senjatanya bernama Cakra Wicaksana dan Sekar Wijayakusuma. Nama lain dari Krisna yaitu, Narayana, Kasawa, Trimurti, dan Harimurti Padma Naba.

   Demikian yang bisa saya bagikan mengenai dunia pewayangan. Sebenarnya masih banyak lagi tokoh yang lain, tapi kita bahas lain kali saja.

   Terima kasih!!😀







      
      

0 Response to "Tokoh-Tokoh Pewayangan Pada Wayang Kulit"

Post a Comment